Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Posted on

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca – Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang sampai saat ini masih menjadi pilihan utama oleh banyak orang di seluruh dunia. Bentuknya yang kecil namun memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang besar merupakan salah satu alasan orang-orang memilih flashdisk ketimbang media penyimpanan lain. Sangat fleksibel dan mudah dibawa serta harganya sangat terjangkau juga merupakan alasan pendukung flashdisk masih bertahan di dunia teknologi saat ini.

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi pengguna flashdisk adalah flashdisk error dan tidak terbaca saat dihubungkan ke PC/laptop. Jika kalian membuka artikel ini, itu artinya saat ini kalian sedang mengalami peristiwa naas ini. Memang sangat menyebalkan saat mengalami flashdisk tidak terbaca. Karena sudah pasti dokumen penting yang tersimpan dalam flashdisk menjadi taruhannya.

Ada berbagai macam penyebab flashdisk error sehingga tidak terbaca saat dihubungkan ke PC/laptop. Dari berbagai penyebab yang nantinya akan kami jabarkan, masih ada beberapa harapan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. So, jangan putus asa dulu. Yuk dibaca sampai habis cara mengatasi flashdisk tidak terbaca berikut ini.

Penyebab Flashdisk Error Dan Tidak Terbaca Sama Sekali

Oke, sebelum masuk pembahasan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca, kami ingin menjabarkan terlebih dahulu penyebab flashdisk error dan tidak terbaca datanya atau bahkan tidak terdetect sama sekali di PC/laptop kalian. Umumnya, berikut penyebab flashdisk seseorang menjadi ‘error’ :

  1. Terkena virus
  2. Tidak melakukan ‘safely remove hardware’ alias suka main cabut flashdisk setelah selesai digunakan.
  3. Ada masalah pada PC/laptop yang digunakan terutama pada bagian USB port.
  4. Ada masalah pada driver USB PC/laptop yang digunakan.
  5. Flashdisk rusak karena jatuh, tercebur ke dalam air, dsb.
  6. Flashdisk rusak karena usia atau flashdisk yang kalian miliki flashdisk murah yang sudah pasti kualitasnya tidak bagus dan cepat rusak.

Untuk penyebab dari nomor satu sampai empat, ada kemungkinan dan harapan flashdisk bisa diperbaiki. Namun jika kalian mencurigai penyebab flashdisk kalian error ada di poin lima atau enam, sepertinya kalian bisa langsung balik kanan bubar dan tak perlu membaca artikel ini sampai habis. Karena kalau urusannya sudah kerusakan hardware maka akan sulit untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Mari kita anggap kalian yang saat ini masih melanjutkan membaca artikel kami, belum mengetahui secara pasti penyebab flashdisk tidak terbaca. Jadi untuk memudahkan, kami akan coba pandu kalian untuk melakukan troubleshooting guna memperbaiki flashdisk kalian yang errorr. So, langsung saja, ikuti tips cara mengatasi flashdisk tidak terbaca berikut ini:

1. Periksa Apakah USB Port PC/Laptop Bermasalah

Mari kita mulai dengan hal yang simple terlebih dahulu. Cobalah untuk mengecek kondisi port USB yang ada pada PC/laptop kalian. Untuk mengetahui mana yang sebenarnya rusak, flashdisk nya kah atau justru kerusakan ada pada PC/laptop kalian. Untuk mengetahuinya, lakukan 2 hal berikut :

  1. Hubungkan flashdisk pada PC/laptop lain.
  2. Coba masukkan flashdisk lain pada PC/laptop kalian.

Dengan melakukan 2 hal tersebut kalian bisa menyimpulkan perangkat mana yang bermasalah. Jika yang bermasalah adalah port USB kalian, silahkan coba bersikah port USB menggunakan cotton bud lalu lakukan pengecekan driver USB di PC/laptop kalian barangkali driver yang terinstall tiba-tiba error.

Namun, jika ternyata flashdisk kalian yang ternyata bermasalah, mari kita lanjut ke tips kedua.

2. Cek ‘Keberadaan’ Flashdisk Lewat Disk Management

Jika flashdisk kalian tidak terbaca, cobalah mencari keberadaannya via disk management. Mungkin bisa dibilang 50% orang yang memiliki kasus flashdisk tidak terbaca bisa mengembalikan keberadaan flashdisk seperti sedia kala. Namun perlu dicatat jika kalian melakukan tips yang kedua ini, maka data-data yang tersimpan di flashdisk kalian akan dikorbankan karena akan ada proses format flashdisk di ujungnya.

Jadi kalian bisa memilih apakah kalian ingin mencari cara mengatasi flashdisk tidak terbaca tanpa format lebih dulu ataukah kalian berfikir yang penting flashdisk kalian bisa digunakan kembali. Berikut caranya :

  1. Colok USB ke PC/laptop.
  2. Pada keyboard tekan kombinasi tombol WINDOWS+R
  3. Akan muncul menu Run, ketik saja “compmgmt.msc” (tanpa tanda petik), setelah itu tekan ENTER. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca 1
  4. Setelahnya akan muncul jendela Computer Management. Silahkan kalian pilih Storage >> Disk Management. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca 2
  5. Jika kalian beruntung, flashdisk akan muncul di disk management walaupun mungkin terbaca 0 byte alias tidak ada data sama sekali. Biasanya untuk case ini penyebab utamanya adalah flashdisk kalian terjangkit virus. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca 3
  6. Klik kanan pada nama flashdisk kalian yang muncul lalu pilih Change Drive Letter and Paths.Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca 4
  7. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Change Drive Letter and Paths, langsung saja klik ADD.
  8. Akan muncul lagi kotak dialog Assign the following drive letter: di sebelah kanan opsi tersebut ada dropdown menu untuk memilih lokasi drive yang baru. Kalian cukup memilih salah satu dari huruf yang tersedia. Jika sudah klik OK. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca 5
  9. Cek kembali Windows Explorer kalian apakah flashdisk sudah terdetect. Jika sudah terdetect, selamat kalian berhasil memperbaiki flashdisk kalian, namun jika flashdisk masih tidak terbaca, lanjut step berikutnya.
  10. Tak perlu ambil pusing, kembali ke disk management lalu pada drive flashdisk kalian, klik kanan lalu pilih FORMAT untuk menyembuhkan flashdisk.
  11. Jika format sudah selesai, coba cabut flashdisk dan colok kembali. Biasanya setelah proses ini flashdisk kalian akan terbaca lagi dengan catatan data-data kalian akan hilang sama sekali.

3. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan CMD

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Dengan CMD

  1. Silahkan anda masukan Flashdisk ke perangkat pc atau komputer.
  2. Lalu anda buka Command Promt dengan cara mengklik tulisan Start, lalu dilanjut dengan tulis CMD.
  3. Selanjutnya anda buka Flashdisk seperti pada penyimpanan Flasdisk yang berada pada Folder ‘G’, untuk itu silahkan ketik huruf ‘G’ pada command prompt.
  4. Dan pada bagian lain tulis chkdsk/g, munculah pilihan dengan tulisan Y/N. huruf Y diartikan Yes sedangkan N diartikan No. Kamu cukup klik Y.
  5. Yang terakhir akan ada sebuah pilihan dan disitu cukup merestart perangkat komputer atau laptop anda, lalu pilih Yes supaya perangkatnya di restart.

Perhatian : Apabila CMD tidak bisa masuk ke Drive USB yang error atau rusak, maka hal yang seperti diatas masih bisa dikerjakan pada drive mana saja dengan menggunakan Perintah.

4. Format Flashdisk Tidak Terbaca Karena Virus

Cara Format Flashdisk Yang Terkena Virus

Cara format Flashdisk di komputer atau pc di windows 7, 8 dan 10 langkahnya sangat mudah sekali, berikut ini panduannya.

  1. Silahkan masukan Flashdisk pada Port USB di laptop/pc
  2. Lalu klik Start.
  3. Ketik tulisan ‘compmgmt.msc’ dibagian kolom search program and files.
  4. Klik juga tulisan program compmgmt.
  5. Lalu keluarlah kotak dialog Computer Management.
  6. Klik Storage, kemudian klik Disk Management.
  7. Setelah itu tunggu saja sehingga loadingnya selesai.
  8. Apabila sudah terdeteksi, klik kanan dan silahkan format flashdisk
  9. Selesai.

Tips lainnya untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sama sekali atau flashdisk terbaca tabi tidak bisa dibuka.

  1. Silahkan flashdisknya dimasukan ke perangkat pc/laptop.
  2. Apabila sudah terdetaksi, coba lepas kembali dan kemudian anda masukan lagi (ulangi cara ini sampai 3x).
  3. Apabila masih tidak terdeteksi, namun keadaan flashdisk masih di colok ke Port USB komputer, cobalah untuk mengoyang-goyangkan flashdisk tersebut, hal ini bertujuan supaya computer mendapatkan keberadaan aluran Flashdisk yang tersambung.

5. Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected

Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Apabila cara diatas masih menemukan kendala, dimana flashdisk yang di colokan pada komputer anda masih tetap saja tidak terbaca, maka anda bisa mencoba langkah ke 5 yaitu dengan memakai software bawaan Windows yakni CMD. Silahkan baca cara memperbaiki flashdisk write protected dibawah ini.

  1. Buka CMD kemudian tulis diskpart lalu tekan tombol Enter.
  2. Selanjutnya anda ketik list disk supaya bisa memmeriksa penyimpanan.
  3. Dilanjut dengan mengetik sebuah perintah select disk 1 (hal ini tergantung no type flashdisk) soalnya flashdisk yang saya gunakan itu berada pada disk 1.
  4. Kemudian ketik perintah attributes disk clear readonly > clean > create partition primary.
  5. Dan langkah yang terakhir ketik saja format fs=fat32 atau bisa dengan format fs=ntfs.
  6. Selesai.

F.A.Q

Bagaimana cara mengatasi flashdisk terbaca tapi tidak bisa dibuka?

Untuk mengatasi masalah ini caranya sangat mudah sekali, jadi kalian yang mengalami flashdisk terbaca tapi tidak dapat dibuka, maka caranya bisa menggunakan CMD, dan untuk tutorialnya sudah kami tulis di langkah ke 5. Sedangkan untuk penyebabnya bisa jadi karena flashdisk terkena virus atau malware, jadi jika seperti itu kalian juga bisa menggunakan langkah ke 4 untuk memformat flashdisk.

Flashdisk yang rusak atau error apakah bisa diperbaiki supaya benar kembali?

Sepertinya apabila flashdisk rusak karena terendam air atau hal lainnya itu sudah tidak bisa diperbaiki, namun jika rusak atau error karena virus atau port USB di perangkat komputer itu sangat mudah untuk memperbaikinya.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi flashdisk tidak terbaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya, dan sobat jangan lupa untuk mengeshare artikel ini ke teman-teman kuliah atau sekolah anda. Sampai jumpa dan terimakasih karena sudah membaca artikel gabrielchaim.com